Translate

Selasa, 23 Oktober 2012


Pemodelan Sistem (Context Diagram)


3 alasan yang menyebabkan dilakukan pemodelan sistem, yaitu:
  • Agar dapat memperhatikan hal – hal yang penting dalam sistem tanpa harus mempelajarinya lebih jauh.
  • Agar dapat melakukan Perubahan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai
  • Menguji hasil analisis sistem terhadap kebutuhan pemakai sistem, agar memudahkan pendesain dan pemrogram sistem
Dalam membuat/membangun/memodelkan sistem terdapat beberapa perangkat yang digunakan yaitu :
  • Context Diagram merupakan tingkatan tertinggi dalam diagram aliran data dan hanya memuat satu proses, menunjukkan sistem secara keseluruhan. Proses tersebut diberi nomor nol.
    Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks beserta aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram tersebut tidak memuat penyimpanan data (Storage) dan tampak
    sederhana untuk diciptakan, begitu entitas eksternal serta aliran data-aliran data menuju dan dari sistem diketahui penganalisis dari wawancara dengan user dan sebagai hasil analisis dokumen.
  • Simbol – simbol Context Diagram

  • Aturan – aturan dalam Membuat Context Diagram
    1. Bila Terminator/Entitas Eksternal yang digunakan banyak, dapat digambarkan lebih dari satu kali. dengan  ditandai  secara  khusus  untuk  menjelaskan  bahwa  terminator yang dimaksud adalah identik. Tanda tersebut dapat berupa asterik (*) atau pagar (#).
    2. Jika Entitas mewakili individu sebaiknya diwakili oleh peran yang dimainkan personil tersebut. Alasan pertama adalah personil yang berfungsi untuk melakukan itu dapat berganti sedang Context Diagram harus tetap akurat walaupun personil berganti. Alasan kedua adalah seorang personil dapat memainkan lebih dari satu peran.
    3. Karena fokus uitama adalah mengembangkan model, maka penting untuk membedakan sumber (resource) dan pelaku (handler)., pelaku adalah mekanisme, perangkat atau media fisik yang mentransportasikan data ke/dari sistem, karena pelaku seringkali familier dengan pemakai dalam implementasi sistem berjalan, maka sering menonjol sebagai sesuatu yang harus digambarkan lebih dari sumber data itu sendiri. Sedangkan sistem baru dengan
      konsep pengembangan teknologinya membuat pelaku menjadi sesuatu yang tidak perlu digambarkan.
untuk sementara sampai disini dulu yach…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar